728 x 90

UJI COBA SIREKAP, KPU INGIN TINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTANBILITAS

UJI COBA SIREKAP, KPU INGIN TINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTANBILITAS
UJI COBA SIREKAP, KPU INGIN TINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTANBILITAS

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto menghadiri undangan guna melaksanakan simulasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di Kediri pada sabtu (31/10). Acara tersebut diselenggarakan di 270 daerah kabupaten maupun kota secara serentak.

Acara yang juga dihadiri oleh Ketua KPU RI Arief Budiman tersebut merupakan instrumen yang digunakan oleh KPU untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan mengurangi kesalahan. Agenda tersebut menurut Arief Budiman merupakan agenda nasional karena ada 3 provinsi di Indonesia yang bersamaan melakukan uji coba Sirekap. Mereka akan melakukan uji coba mulai pemungutan suara, penghitungan suara, hingga pengiriman data dengan sistem Sirekap.

Dalam simulasi itu, KPU provinsi maupun kabupaten/kota diposisikan sebagai KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara). Sirekap dijalankan oleh para KPPS di tempat pemungutan suara (TPS). petugas petugas kemudian bertanggung jawab memotret formulir model C.KWK atau kertas yang berisi data perolehan suara pasangan calon (paslon) dan mengunggahnya ke Sirekap melalui sebuah aplikasi Sirekap.

Aplikasi Sirekap akan memangkas tenaga dan waktu para petugas dalam merekapitulasi suara. Selain itu, Sirekap diharapkan dapat membantu petugas meminimalisasi interaksi fisik antar orang saat pilkada digelar dalam kondisi pandemi Covid-19.

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>