728 x 90

TARIAN CAKALELE MENJADI SUGUHAN MENARIK DALAM KONSOLIDASI REGIONAL PARMAS DI MANADO

TARIAN CAKALELE MENJADI SUGUHAN MENARIK DALAM KONSOLIDASI REGIONAL PARMAS DI MANADO
TARIAN CAKALELE MENJADI SUGUHAN MENARIK DALAM KONSOLIDASI REGIONAL PARMAS DI MANADO

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia menyelenggarakan konsolidasi regional partisipasi masyarakat di Manado pada tanggal 12 – 14 September 2019. Bertempat di kantor Gubernuran Manado, acara tersebut dihadiri oleh komisioner KPU provinsi dan kab/kota Div. Sosialisasi dan Parmas yaitu provinsi jawa timur, jawa tengah, sulawesi utara, selawesi tengah, sulawesi barat, gorontalo, maluku, maluku utara, papua dan papua barat. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh KPU RI, Gubernur Sulawesi Utara, Forpimda dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Pra Acara Konsolidasi Regional Gelombang II di kota manado ini, peserta yang hadir dari tingkatan KPU provinsi dan KPU kab/kota tersebut di suguhi tarian Cakalele. Tarian cakalele merupakan tarian khas dari minahasa yang notabene merupakan tari perang. Minahasa memiliki kekayaan budaya yang hingga masih sangat kental. Salah satunya adalah Tari Cakalele. Tarian ini adalah tarian adat yang banyak dibawakan oleh pria lengkap dengan senjata tajam berupa pedang atau tombak ini, sangat identik dengan gerakan yang meniru perkelahian ayam jantan.

Dalam sambutannya, KPU RI melalui Arif Budiman juga menyampaikan bahwa penyelenggara pemilu harus mengutamakan integritas penyelenggara pemilu, transparansi tahapan pemilu dan speed. Artinya kecepatan dalam update informasi harus di segerakan agar dapat di konsumsi mayarakat secara cepat dan tepat.

Pun demikian dengan dengan ikhtiar yang dilakukan oleh KPU jawa timur beberapa waktu yang lalu. Dalam Bimtek Kehumasan dan jurnalistik di Sidoarjo, Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Sosdiklihparmas juga menyampaikan kedepan bukan hanya mengenai bagaimana informasi public tersampaikan, melainkan lebih jauh bahwa adalah efek informasi public tersebut mampu memberikan Pendidikan politik kepada masyarakat. Selain hal diatas makna komunikasi public adalah juga memelihara komunikasi yang harmonis antara Lembaga dan public itu sendiri.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>