728 x 90

LANTIK RELAWAN DEMOKRASI TAHUN 2020, KPU INGATKAN UNTUK JAGA INTEGRITAS DALAM SOSIALISASI

LANTIK RELAWAN DEMOKRASI TAHUN 2020, KPU INGATKAN UNTUK JAGA INTEGRITAS DALAM SOSIALISASI
LANTIK RELAWAN DEMOKRASI TAHUN 2020, KPU INGATKAN UNTUK JAGA INTEGRITAS DALAM SOSIALISASI

Relawan Demokrasi merupakan elemen penting dalam mendongkrak partisipasi masyarakat pada pemilu tahun 2019, untuk itu pada Pemilihan serentak tahun 2020 ini, kinerjanya di butuhkan kembali guna meningkatkan pendidikan pemilih. KPU Kabupaten Mojokerto membentuk Relawan Demokrasi pada hari selasa dan rabu pada tanggal 15 - 16 September 2020.

Meskipun dibentuk sekitar 3 minggu yang lalu, Relawan Demokrasi sudah melaksanakan sosialisasi di beberapa forum. Pada Rapat Koordinasi dan Pelantikan Relawan Demokrasi yang dilaksanakan di Gedung Pemilu tahun 2019 pada Selasa (13/10) tersebut, Relawan diberikan atribut seperti rompi, topi dan ID Card serta Brosur sebagai bahan sosialisasi.

Dalam kesempatan tersebut, Relawan Demokrasi diberi arahan oleh Ketua KPU, Muslim Bukhori. Dalam arahannya, ketua menyampaikan untuk menjaga integritas penyelenggara serta memperhatikan kode etik dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain ketua KPU Kabupaten Mojokerto, arahan juga diberikan oleh Jainul Arifin, Komisioner KPU divisi Sosdiklih Parmas dan SDM. Beliau mengingatkan untuk mempelajari regulasi yang berkaitan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto tahun 2020 agar ketika sosialisasi nanti dapat berargumen sesuai dengan aturan yang ada.

"KPU mengharapkan kawan-kawan relawan demokrasi juga turut mempelajari semua regulasi tentang kepemiluan, sehingga argumentasi yang disampaikan bisa mempunyai dasar yang kuat" tukasnya.

Program Relawan Demokrasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses Pilkada, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi, serta melawan hoaks atau berita bohong.

 
Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>