728 x 90

KPU LAKSANAKAN AUDIENSI RPP “TANTULAR” DAN DISKUSI TENTANG DEMOKRASI

KPU LAKSANAKAN AUDIENSI RPP “TANTULAR” DAN DISKUSI TENTANG DEMOKRASI
KPU LAKSANAKAN AUDIENSI RPP “TANTULAR” DAN DISKUSI TENTANG DEMOKRASI

Komisi pemilihan umum kabupaten Mojokerto melaksanakan Audiensi Rumah Pintar pemilu “tantular” dengan mahasiswa kelompok cipayung. Dilaksanakan di Warung Kopi Barzanji pada selasa (19/11) malam, acara diikuti oleh sekitar 20 an mahasiswa dari PMII dan GMNI.

Acara dibuka oleh Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Divisi teknis Penyelenggaraan, Achmad Arif. Dalam sambutannya beliau mengatakan beberapa hal dan maksud audiensi RPP tersebut. Pengenalan Rumah Pintar Pemilu diperlukan sebagai instrument dalam mencerdaskan para pemilih, selain itu RPP juga diharapkan menjadi sentra diskursus tentang Demokrasi dan politik.

Materi RPP disampaikan oleh Zainul Arifin, Komisioner KPU Bidang Sosdiklih Parmas dan SDM. RPP menurutnya merupakan sebuah ruang yang berisi tentang informasi pemilu, mulai dari sejarah, hasil pemilu sampai video edukasi ada di RPP. Untuk itu, mahasiswa wajib mengetahui seluruh informasi tersebut, sehingga peningkatan wacana kepemiluan semakin luas.

Selain mensosialisasikan tentang RPP, Zainul Arifin juga mengajak para mahasiswa berdiskusi kaitannya dengan politik dan demokrasi. KPU sendiri dalam tugasnya bukan hanya sebagai penyelenggara Pemilu saja, sebagian masyarakat memahami bahwa KPU secara kelembagaan bersifat insidentil saat ada pemilu saja. Atas anggapan tersebut, KPU juga walau tidak ada pemilu harus terus melaksanakan Pendidikan politik pada masyarakat terutama para pemilih muda.

Selaian menyinggung hal diatas, nampaknya KPU juga meneguhkan bahwa proses Demokrasi yang hari ini kita pilih mempunyai banyak sekali efek, efek tersebut adalah politik uang, dan banyak lagi kecurangan lain. Akan tetapi, perbaikan pemahaman politik dan nilai demokrasi kepada masyarakat hendaknya tak surut, KPU sebagai Lembaga independent dan pengawal Demokrasi haruslah bekerja ekstra keras demi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia melalui pemilu yang bersih dan pemimpin yang amanah.

Andre Widha
Andre Widha
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>