728 x 90

KPU KABUPATEN MOJOKERTO SERAHKAN SANTUNAN KE KELUARGA KPPS YANG MENINGGAL DUNIA

KPU KABUPATEN MOJOKERTO SERAHKAN SANTUNAN KE KELUARGA KPPS YANG MENINGGAL DUNIA
KPU KABUPATEN MOJOKERTO SERAHKAN SANTUNAN KE KELUARGA KPPS YANG MENINGGAL DUNIA

Komisi pemilihan umum kabupaten mojokerto pada jum’at (13/09) menyerahkan santunan ke keluarga korban KPPS yang meninggal dunia pada waktu melaksanakan tugas pada Pemilu tahun 2019 lalu. Penyerahan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua KPU kabupaten mojokerto, Muslim Bukhori dan Sekretaris KPU, Dwi Heru Kendoyo. Adapun kedatangan Ketua PPK kecamatan Ngoro, PPS, Kepala Dusun dan Kepala Desa.

Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Ketua KPU kabupaten mojokerto kepada Ahli waris anggota KPPS yang meninggal dunia, Ibu Bidayah. Bermukim di desa Bandarasri, Kecamatan Ngoro, penyerahan santunan diberikan kepada Diah (anak) dan Mujiono (suami) di rumah kediaman almarhum Ibu Bidayah. Santunan yang diberikan senilai 36 juta.

Pemberian santunan ini sebelumnya telah disetujui oleh Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu RI). Di mana bagi petugas yang meninggal diberi santunan sebesar Rp 36 juta, cacat permanen Rp 30 juta, luka berat RP 16,5 juta dan luka sedang Rp 8,25 juta. Besaran ini adalah angka maksimal yang tidak boleh dilampaui dan berlaku bagi petugas KPPS yang tertimpa musibah.

Dalam data yang dihimpun oleh Rumah Pemilu jumlah penyelenggara pemilu ad hoc meninggal dunia berjumlah sekitar 469 orang. Selain itu, sebanyak 4.602 lainnya dilaporkan sakit. Semua korban yang meniggal dunia telah diberi gelar pahlawan demokrasi oleh KPU.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>