728 x 90

KPU KABUPATEN MOJOKERTO LANJUTKAN TAHAPAN PENDAFTARAN PEMANTAU PEMILIHAN

KPU KABUPATEN MOJOKERTO LANJUTKAN TAHAPAN PENDAFTARAN PEMANTAU PEMILIHAN
KPU KABUPATEN MOJOKERTO LANJUTKAN TAHAPAN PENDAFTARAN PEMANTAU PEMILIHAN

Komisi Pemilih umum kabupaten Mojokerto melanjutkan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati setelah presiden Joko Widodo menandatangani Perppu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali kota Menjadi Undang-Undang yang ditandatangani pada 4 Mei 2020.

Isi perppu tersebut adalah Pemungutan suara serentak yang ditunda sebagaimana dimaksud pada ayat (l) dilaksanakan pada bulan Desember 2020. Aturan tersebut merupakan sebuah keputusan yang diambil oleh pemerintah mengingat Pandemi Covid-19 masih mengalami kelonjakan yang signifikan.

Tahapan pemilihan sempat ditunda kurang lebih selama 3 bulan, mengingat pandemic diperkirakan akan mengalami lonjakan pada bulan April dan mei. Setelah adanya koordinasi antara DPR, Pemerintah dan KPU, ketiganya bersepakat untuk melanjutkan pemilihan karena semua pihak tidak mengetahui kapan pandemic ini akan berakhir.

Sebelum tahapan tersebut dimulai, KPU RI mengeluarkan PKPU Nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau walikota dan wakil wali kota tahun 2020. Dalam PKPU tersebut diatur tentang bagaimana KPU memakai protokol kesehatan dalam melaksanakan tahapan.

Di awal tahapan ini berjalan, KPU kabupaten Mojokerto mulai mengaktifkan badan Ad-Hoc serta menyusun masa kerja-nya. Selain tahaan tersebut, KPU kabupaten Mojokerto juga telah menyusun ulang Timeline pendaftaran pemantau pemilihan, Lembaga survey atau jajak pendapat, dan penghitungan cepat hasil pemilihan.

Dalam melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto tahun 2020, penyelenggara diharapkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku serta memperhatikan arahan dari pemerintah.

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>