728 x 90

KPU KABUPATEN MOJOKERTO LAKUKAN PEMETAAN ANGGARAN PILKADA 2020

KPU KABUPATEN MOJOKERTO LAKUKAN PEMETAAN ANGGARAN  PILKADA 2020
KPU KABUPATEN MOJOKERTO LAKUKAN PEMETAAN ANGGARAN PILKADA 2020

Komisi pemilihan umum kabupaten mojokerto melaksanakan pemetaan anggaran untuk gelaran pilkada tahun 2020 pada senin (29/07). Bertempat di Media Center KPU kabupaten mojokerto, acara dilaksanakan pukul 09.00 WIB. Acara yang dipimpin oleh Dwi Heru Kendoyo selaku sekretaris KPU kabupaten mojokerto tersebut dihadiri oleh kasubag dari masing-masing divisi.

Kegiatan pemetaan tersebut merupakan tindak lanjut dari proses perencanan anggaran pada gelaran pilkada tahun 2020 mendatang. Beberapa waktu lalu KPU RI mengirimkan Draft PKPU tahapan pilkada 2020 untuk kemudian dikaji serta dilakukan analisa tentang tahapan penyelenggaraan pemilihan bupati/walikota di tingkat KPU kabupaten/kota. Hal tersebut menjadi dasar bagi KPU kabupaten mojokerto untuk segera melakukan pemetaan terkait jadwal dan anggaran yang akan digunakan untuk melaksanakan pilkada tahun depan.

Peraturan tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota memang belum disahkan karena masih belum final. Kendati demikian, pemetaan anggaran yang kemudian menjadi penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) nanti menjadi syarat mutlak dalam pelaksanaan pilkada 2020 nanti.

Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang disepakati bersama oleh pemerintah daerah di tingkatan masing-masing kemudian digunakan untuk penyusunan peraturan dan keputusan penyelenggaraan pemilihan. Pilkada tahun 2020 adalah pilkada serentak mengingat ada sekitar 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota yang kemudian akan melaksanakan pergantian kepemimpinan melalui mekanisme demokrasi yang diatur dalam undang-undang.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>