728 x 90

KPU KABUPATEN MOJOKERTO LAKSANAKAN SOSIALISASI KEPADA PEMILIH PEMULA DI TROWULAN

KPU KABUPATEN MOJOKERTO LAKSANAKAN SOSIALISASI KEPADA PEMILIH PEMULA DI TROWULAN
KPU KABUPATEN MOJOKERTO LAKSANAKAN SOSIALISASI KEPADA PEMILIH PEMULA DI TROWULAN

Pemilih pemula adalah mereka yang akan memasuki usia memilih dan akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali dalam pemilu. Dengan siklus pemilu di Indonesia yang digelar setiap lima tahun sekali, maka kisaran usia pemilih pemula adalah 17-21 tahun. Pemilih pemula umumnya masih duduk di sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat dan mereka yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Di luar itu, anakanak putus sekolah yang berusia 17-21 tahun juga merupakan basis pemilih pemula yang membutuhkan sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Komisi pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto melaksanakan sosialisasi kepada pelajar di kecamatan Trowulan pada hari Selasa (20/10) pagi. Peserta yang diikuti oleh 30 pelajar tersebut merupakan pelajar dan pemuda yang tersebar di beberapa desa.

Bertugas sebagai pembicara, Jainul Arifin selaku divisi Sosdiklih Parmas menyampaikan beberapa hal kaitannya dengan pemilu dan demokrasi. Selain itu, beliau juga menambahkan tentang pentingnya antusiasme dari para pemilih guna turut mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto tahun 2020.

“Sikap ingin tahu yang besar mendorong pemilih pemula sangat antusias menyikapi Pemilu. Mereka ingin berpartisipasi mencoblos dengan pilihan masing-masing. Selalu bertanya-tanya kepada pemilih senior bagaimana tatacara mencoblos dalam sebuah pemilu.”, ujar Jainul

Untuk itu, peran mereka sangatlah penting untuk didorong agar bisa menjadi pemilih pemula yang rasional. Pada sosialisasi tersebut, Jainul Arifin juga mengingatkan kepada para peserta yang hadir untuk senantiasa mematuhi protocol kesehatan Covid-19 agar pada hari Rabu, tanggal 9 Desember 2020 bisa menggunakan hak pilihnya.

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>