728 x 90

KONSOLIDASI REGIONAL PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT : PEMILU SERENTAK 2019 MENJADI SOROTAN DUNIA

KONSOLIDASI REGIONAL PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT : PEMILU SERENTAK 2019 MENJADI SOROTAN DUNIA
KONSOLIDASI REGIONAL PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT : PEMILU SERENTAK 2019 MENJADI SOROTAN DUNIA

Pasca pemilihan umum 17 April 2019, KPU RI gelar Konsolidasi Regional secara berkala dari 34 provinsi dalam peningkatan partisipasi masyarakat. Acara ini di gelar di gedung gubernuran kota manado provinsi sulawesi utara dari tanggal 12-14 September 2019. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan KPU RI konsolidasi Regional gelombang II yg di ikuti oleh komisioner KPU provinsi dan kab/kota Div. Sosialisasi dan Parmas yaitu provinsi jawa timur, jawa tengah, sulawesi utara, selawesi tengah, sulawesi barat, gorontalo, maluku, maluku utara, papua dan papua barat. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh KPU RI, Gubernur Sulawesi Utara, Forpimda dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Acara konsilidasi regional dalam peningkatan partisipasi masyarakat ini dilanjutkan dengan pembukaan, yang dalam hal ini dibuka oleh jajaran KPU RI, bawaslu RI, DKPP, komisi II DPR RI an jajaran forpimda Sulawesi Utara dengan memukul kentongan secara bersama-sama sebagai tanda di bukanya acara Konsolidasi Regional dalam peningkatan partisipasi masyarakat .

Dalam sambutan Ketua KPU RI arif budiman mengatakan bahwa Pemilu di Indonesia menarik atau mencuri perhatian dari semua pihak, baik dari dalam negeri maupun Luar Negeri. Pemilu di indonesia mendapatkan respon positif dan apresiasi luar biasa dari negara-negara di dunia. Bahkan mereka ingin belajar kepemiluan ke indonesia, termasuk salah satunya adalah negara india. Padahal awal sebelum terlakasananya pemilu serèntak 2019, mereka menganggap bahwa pemilu di indonesia merupakan pemilu yang tersulit di dunia karena dalam satu kurung waktu sekaligus memilih lima surat suara.

Namun hal tersebut terbantahkan ketika pemilu 2019 berjalan dengan baik, lancar dan damai. Salah satu Indikator negara tetangga yang ingin belajar kepemiluan ke indonesia adalah, pertama : pemilu berjalan damai, kedua : partisipasi masyarakat tinggi, ketiga integritas penyelenggara yang baik dan ke empat : transparansi tahapan pemilu dan hasil pemilu.

Setelah acara konsolidasi regional gelombang II dibuka secara bersama- sama, acara di lanjutkan dengan diskusi bersama dengan peserta kpu prov dan kab/kota yg ikut acara konsilidasi regional tersebut. Dalam acara diskusi bersama ini sebagai narasumber Yaitu Afifudin dari bawaslu, Zainudin Amali Ketua Komisi II DPR RI, dan ketua DKPP RI Karyono. Sementara sebagai moderator dalam acara diskusi tersebut di ambil dari Komisioner KPU RI Divisi Parmas adalah Wahyu Setyawan.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>