728 x 90

ADAKAN FORUM KOMUNIKASI DAN KOORDINASI PEMERINTAH BERHARAP KONDISI STABIL

ADAKAN FORUM KOMUNIKASI DAN KOORDINASI PEMERINTAH BERHARAP KONDISI STABIL
ADAKAN FORUM KOMUNIKASI DAN KOORDINASI PEMERINTAH BERHARAP KONDISI STABIL

Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan melaksanakan kegiatan yang bertajuk Forum Koordinasi dan Komunikasi dengan mengambil tema "Mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2020 Yang Berkualitas dan Bermartabat di Propinsi Jawa Timur" yang bertempat di Hotel Golden Tulip, Jl. HR. Muhammad No. 269 Surabaya pada hari Kamis (14/11).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Wawan Kustiawan. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa Pilkada adalah suatu kompetisi dalam demokrasi yang harus di junjung tinggi nilai keadilan, kejukuran dan keamanannya. Disamping itu beliau juga mengharapkan di 19 Kab/Kota di Jawa Timur yang melaksanakan Pilkada harus meningkatkan partisipasi masyarakat. Dalam Forum Koordinasi dan Komunikasi undangan kali ini yang terdiri dari Kesbangpol, Kodam 5 Brawijaya, Kapolda Jatim, Kajati, KPU, Bawaslu, BINDA dan Media beliau berharap agar semua dapat bersinergi dalam menjaga stabilitas politik dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 nanti.

Hadir sebagai peserta yaitu Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori beserta 18 Ketua KPU Kab/Kota lainnya di Jawa Timur.

Kepala Bakesbangpol Propinsi Jawa Timur Jonatan Judianto selaku moderator telah meminpin diskusi ini dan selaku Nara Sumber antara lain Dirjen Otoda Kemendagri Ardian Kedow, Puskapol UI Dr. Aditya Perdana dan Polda Jatim Rohmad Anshori.

Dalam pemaparannya, Narasumber Pertama adalah Aditya Perdana dari Puskapol UI menjelaskan beberapa isu terkini yg menurutnya akan berdampak pada pelaksanaan Pilkada 2020 nanti, antara lain masalah regulasi yabg saat ini sudah di godog baik oleh DPR, Kemendagri maupun KPU. Selain itu beliau juga menjelaskan kemungkinan konstelasi politik di Pilkada akan mereda setelah Elit Politik di tingkat Nasional juga sudah mereda, sebagai contoh adalah Prabowo masuk di Pemerintahan Jokowi.

Narasumber kedua adalah dari Dirjen Otoda Kemendagri Ir. Ardian Kendow. Dalam paparannya, beliau menjelaskan tentang kesiapan dukungan pemerintah dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Secara global beliau memaparkan hal yang paling mendesak dipersiapkan pemerintah dalam mendukung pelaksanaan pilkada adalah Tersusunnya Regulasi, Kebijakan, DPT dan Partisipasi Masyarakat serta Netralitas ASN.

Dalam pemaparannya yang lain, beliau menyebutkan Kreteria Pilkada yang berkualitas dapat dilihat dari :
1. Independesi Penyelenggara
2. Netralitas ASN
3. Partisipasi Masyarakat yang tinggi
4. Konflik kepentingan dapat direda
5. Calon yang bersih dari Kasus pidana.

Narasumber ketiga yaitu dari Polda Jatim Rohmad Anshori. Dalam pemaparannya beliau mengkategorikan wilayah menjadi tiga yaitu Sangat Rawan, Rawan dan Kurang Rawan. Selain itu beliau juga mengharapkan agar semua stakeholder dapat bersinergi dalam menjaga stabilitas keamanan dan politik di Jawa Timur. Dengan demikian tentu akan tercapai Pilkada tahun 2020 yang berkualitas dan bermartabat.

Andre Widha
Andre Widha
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>